Monday 9 March 2015

Sanggar Rias Putri by Ibu Putri Joesman

Perias pengantin, atau bahasa kerennya make-up artist adalah satu bagian dari acara pernikahan yang paling penting. Persiapannya juga kalau bisa dari jauh-jauh hari. Kalau di post saya sebelumnya saya cerita kalau Puspita Sawargi punya beberapa rekanan perias juga, daftarnya bisa dilihat di sini. 


Dari semua rekanan itu, kami pilih Ibu Putri Joesman, pemilik Sanggar Rias Putri. Lagi-lagi karena pengalaman orang terdekat, termasuk kakaknya Aul sendiri. Hasilnya bagus-bagus, cantik-cantik, kece-kece :) Selain itu, pilihannya banyak banget. Mau warna apa aja ada. Ngga heran, karena Bu Putri ini udah lebih dari 30 tahun merias. Bahkan ibu kandung dari Bu Putri sendiri adalah make-up artist. Bener-bener talent runs in the family :) 

Sanggar rias ini lokasinya di rumah Bu Putri sendiri. Beliau ini aslinya dari Bali, tapi nikah sama orang Jawa. Usianya udah 70 tahun lebih, tapi overall masih seger. Pas ketemu aja ngga bakalan nyangka usia Beliau segitu. Tapi, akhir-akhir ini Beliau agak sering capek karena beberapa tahun lalu pernah jatuh pas ngerias pengantin di salah satu gedung di Jakarta. Waktu pertama ketemu pun, Beliau tetep nemenin ngobrol cukup lama. Beliau ini ramaaah banget orangnya, jelasin tentang adat pun enak dan ngga bertele-tele. 

Koleksi kebaya, beskap, kain di sanggar ini pun buanyaaak banget. Segala warna ada dan disusun rapi. Waktu itu Bu Putri cerita, Beliau itu penggemar warna, jadi misalnya warna merah, Beliau harus punya semua gradasi merah. Kebaya-kebaya pengantinnya pun update terus. Contohnya, kebaya yang nanti mau saya pakai itu baru dibuat tahun 2014 kemarin. Bahkan dari pihak sanggar pun selalu bilang, misalnya ada kebaya baru lagi yang warnanya mirip sama yang saya mau, saya akan dihubungin untuk fitting. Jadi, pelanggan selalu berkesempatan pake kebaya yang paling bagus dan baru. Kalau mau bikin kebaya pun bisa, kita tinggal cari dan beli bahannya, nanti diskusi modelnya sama pihak Bu Putri, trus nanti dijahitin ke penjahit rekanannya Bu Putri. Biayanya sekitar 5juta-an kalau ngga salah. Tapi kalau saya sih kebaya resepsi nyewa aja. Kebaya akad baru jahit baru, nanti beskap untuk Aul dicariin sama sanggarnya. Beskap pengantin pria untuk akad ngga termasuk paket dari Puspita Sawargi, jadi kami kena charge 500 ribu ajah :) 

Sedikit sneak peak koleksi Sanggar Rias Putri. 



Ke belakangnya masih banyak lagi. Jadi bagian atas itu kebaya wanita, bawahnya beskap laki-lakinya. Luarrrr biasa pokoknya koleksinya. Ada ruangan kecil lagi di dalem, isinya lemari-lemari kaca penuh dengan koleksi baju lagi. Kalau ditotal, ada ribuan koleksi perlengkapan pengantin dan baju adat di sana. One word: amazing

Setelah ngobrol-ngobrol, kami dialihkan ke asisten utama Bu Putri, namanya Mas Dalung. Mas Dalung ini orang Sunda tapi udah khatam adat Jawa dll, dan udah jadi asisten Bu Putri selama belasan tahun. Karena kami udah sreg sama Bu Putri, kami pun mau pakai jasa sanggar ini juga untuk siraman dan midodareni nanti. Nah, make-up dan perlengkapan siraman sama midodareni ngga termasuk paket dari Puspita Sawargi. Jadi, kami bayar DP untuk dua acara tersebut langsung ke Mas Dalung. 

Untuk acara siraman, sanggar ini menyediakan gebyok, kendi, perlengkapan buat jualan cendol, kembang-kembangnya dan kawan-kawan. Pokoknya semua kecuali cendol sama air siraman hehehe. Untuk MC, kami dikasih saran untuk menghubungi Bu Cahyo. Bu Cahyo ini juga rekanan MC Puspita Sawargi. Puspita Sawargi-nya pun bisa jadi rekanan sama Bu Cahyo lewat Bu Putri. Maklum lah ya, Bu Putri udah berkecimpung di dunia pernikahan jauuuh sebelum ada catering jaman sekarang. Jadi nanti mulai dari pengajian, siraman, midodareni kami bayar tersendiri ke Bu Cahyo langsung, karena paket MC cuma untuk akad dan resepsi. Bahkan, nanti acara adat panggih setelah akad (yang termasuk prosesi suami nginjek telor-nya terus istri nyuci kakinya itu loh) ngga termasuk paket dari Puspita Sawargi, jadi kami bayar biaya tambahan lagi ke Bu Cahyo. 

Masalah kebaya seragam untuk panitia, paket dari Puspita Sawargi menyediakan untuk beskap+kain bapak-bapaknya pengantin dan hanya kain untuk ibu-ibunya pengantin. Selain itu juga empat kebaya+kain untuk 4 orang penerima tamu dan seragam untuk 6 pasang pagar ayu dan pagar bagus. Kami ngga pakai pagar ayu dan pagar bagus. Jadi mungkin akan kami pakai untuk among tamu. Among tamu kami tapi lebih dari 6 pasang, jadi selebihnya kami bayar ke sanggar Bu Putri. Ngga cuma itu, keluarga inti yang nantinya ngiringin di belakang pengantin pas resepsi dimulai pun akan banyak. Jadi untuk sewa beskap dan kainnya akan ada biaya tambahan lagi dari Bu Putri. Kalau untuk seragam kebaya keluarga yang perempuan, mulai dari keluarga inti, sepupu, sampe among tamu, kami beliin bahan, jadi tinggal sewa kainnya aja. 

I think I've explained enough for now. Sebenernya progress-nya udah lumayan banyak, termasuk fitting baju untuk resepsi yang tadi saya ceritain. Seragam pun udah lengkap semua. Undangan udah mau mulai dipesan minggu ini. Walaupun begitu, masih banyak juga yang harus dikerjain sih hehehe. Tapi detail lengkapnya di post-post selanjutnya aja ya :) 

See you

PS: Bagi temen-temen yang tertarik untuk menggunakan jasa Sanggar Rias Putri, bisa namu langsung ke website-nya di http://www.sanggarriasputri.com/.  Hasil make-up beberapa klien juga bisa dilihat di sana. Nomor HP yang tercantum di website adalah nomor HP Bu Putri sendiri :)

17 comments:

  1. Aku boleh minta price list sanggar putri yusman? Ke andhiniseptiani@gmail.com ya. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mba. Kebetulan kemarin untuk perias saya ikut paket dari Puspita Sawargi juga, jadi udah termasuk. Saya udah e-mail pricelistnya ya :)

      Delete
    2. Selain dari paketnya, tambahan-tambahan yang printilan itu dichargenya per orang yang dirias, mba. Kalau ada yang mau ditanya bisa lewat e-mail saya aja ya mba :)

      Delete
    3. Hai mba renita boleh kah pricelist puspita sawargi di email ke aku juga? bisa di email ke esya.wahyunie@gmail.com thanks ya mba

      Delete
  2. halo mbak boleh minta price listnya untuk sanggar putri yusman ke yocita.galuh@gmail.com thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mba. Untuk perias saya ikut paket dari Puspita Sawargi juga, jadi udah termasuk paketnya. Saya udah e-mail pricelistnya ya :) Semoga bermanfaat :)

      Delete
    2. Selain dari paketnya, tambahan-tambahan yang printilan itu dichargenya per orang yang dirias, mba. Kalau ada yang mau ditanya bisa lewat e-mail saya aja ya mba :)

      Delete
  3. Boleh minta price List putri yusman ke mytha.yuhuu@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
  4. Boleh minta price List putri yusman ke mytha.yuhuu@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
  5. Halo mbak renita, salam kenal aku ayu ;) mbak aku boleh tanya2 mengenai puspita dan sanggar putri yusman ini? Kalo mbak berkenan, aku bisa ngobrol sama mbak by email gitu mungkin? trmksh sbelumnya mbak :)

    ReplyDelete
  6. hai mba Renita, aku ada rencana mau menggunakan jasa dari Sanggar putri juga untuk siramand dan midodareni. boleh minta perinciannya apa saja yang didapat? boleh dikirimkan ke email saya di nadira.priastianda@gmail.com

    terima kasih sebelumnya ya mba (^_^)

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Halo Mba..
    Cerita-ceritamu di blog ini membantuku sekali. Ohya.. Aku boleh minta pricelistnya ke email aku di adelinawangge@gmail.com. terimakasih, Mba sebelumnya :)

    ReplyDelete
  9. aq mnta alamatnya mba tlong u/ dikirimn yah.mksh

    ReplyDelete
  10. aq mnta alamatnya mba tlong u/ dikirimn yah.mksh

    ReplyDelete
  11. Aku minta PL nya dong mba ke putrii.sucii@gmail.com thx before

    ReplyDelete
  12. Aku boleh minta PL nya gak mbak?? Makasih.. Ke luthfianamustika31@gmail.com

    ReplyDelete